Profil ~ TK SIRAJUL HUDA
A. SEJARAH SINGKAT TAMAN KANAK-KANAK SIRAJUL HUDA.
Taman Kanak-kanak
Sirajul Huda berdiri pada tahun 2009. Didirikan oleh ibu Zuraini, S.Pd yang
beralamat di Desa Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Modal
dasar Berdirinya Taman Kanak-kanak Sirajul Huda hanyalah niat dan keikhlasan
untuk meningkatkan pendidikan bagi anak-anak usia dini yang ada dalam desa
Geulumpang Payong. Dukungan utama, Kami dapatkan dari Kepala UPTD Kecamatan
Jeumpa Bapak Arifin. Baik dukungan moril maupun Spiritual. Jumlah murid pada
tahun pertama berdiri sebanyak 40 orang dengan 5 orang pendidik, dengan
fasilitas yang sangat kurang, ibu Zuraini bersama pendidik berusaha untuk
mencerdaskan anak bangsa yang masih berusia dini itu. Tahun-tahun selanjutnya
peserta didik di Taman Kanak-kanak Sirajul Huda semakin meningkat.
Alhamdulillah
pada tahun 2010 TK Sirajul Huda mendapat kesempatan pembinaan oleh Pusat
Kurikulum Jakarta, yang merupakan sekolah perwakilan dari Kabupaten Bireuen.
Ibu Zuraini bersama pendidik berusaha melaksanakan program yang diberikan oleh
tim Puskur yaitu mengimplementasi pendidikan karakter ke dalam Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan TK Sirajul Huda. Alhamdulillah kurikulum Taman
Kanak-kanak Sirajul Huda telah disahkan oleh Kadis Pendidikan dan telah banyak
digunakan oleh Taman Kanak-kanak yang ada di kabupaten Bireuen.
B. VISI, MISI, DAN TUJUAN TAMAN KANAK-KANAK SIRAJUL HUDA.
1.
Visi Sekolah.
Visi Taman Kanak-kanak Sirajul Huda adalah terwujudnya peserta didik yang
beriman, bertaqwa kepada Allah, sehat, cerdas, kreatif, mandiri, ceria, sosial,
berbudi luhur, dan berakhlak mulia.
2.
Misi TK Sirajul Huda.
a. Mengembangkan pendidikan Agama
demi terwujudnya peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia.
b. Mengembangkan Sikap Spiritual
untuk mewujudkan peserta didik yang cerdas, mandiri, dan kreatif.
c. Mengembangkan Sikap Sosial untuk
membentuk perilaku berbudi luhur.
d. Mengembangkan Sensomotor agar
peserta didik sehat jasmani dan rohani.
e. Menerapkan budaya salam, senyum,
sapa, sopan, santun, disiplin dan jujur.
f. Mengembangkan seni tari daerah
melalui pengembangan seni.
g. Menciptakan lingkungan sekolah
yang aman, rapi, bersih, nyaman dan menyenangkan.
3. Tujuan TK Sirajul Huda.
Taman Kanak-Kanak Sirajul Huda bertujuan:
a. Mewujudkan peserta didik yang memiliki sikap, pengetahuan, dan
keterampilan yang seimbang pada setiap aspek perkembangannya sebagai bekal
mengikuti pendidikan lebih lanjut.
b. Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia dan berbudi luhur.
c. Menjadikan peserta didik yang Al-QurAni dan islami sejak dini sebagai
bekal menjalani kehidupan di masa dewasanya.
d. Terwujudnya peserta didik yang sehat, ceria, jujur, senang belajar,
mandiri, mampu merawat diri, serta peduli terhadap diri sendiri, teman, dan
lingkungan sekitarnya.
e. Menjadikan peserta didik yang mampu berpikir, berkomunikasi, bertindak
produktif, dan kreatif melalui bahasa, seni, karya, dan gerakan sederhana.
f. Menciptakan pembelajaran yang
aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan lingkungan sekolah yang kondusif.
g. Menjalin kerjasama lembaga
pendidikan dengan masyarakat, Dinas terkait, dan media dalam mempublikasikan
program sekolah.
C. STATUS TAMAN KANAK-KANAK SIRAJUL HUDA.
Taman Kanak-kanak
Sirajul Huda berstatus swasta, milik pribadi, terakreditasi dengan nilai A sejak Oktober 2019 sesuai dengan Keputusan BAN PAUD dan PNF Nomor 163/BAN PAUD DAN PNF/AKR/2019 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 23 Oktober 2019. Berdiri pada bulan Januari tahun 2009 dan
mendapat izin operasional dari Dinas Pendidikan pada tanggal 14 April tahun
2010. Hingga saat ini, Taman Kanak-kanak Sirajul Huda masih aktif melaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan jumlah peserta didik ±100 peserta didik setiap
tahunnya.
D.
ANALISIS KEKUATAN,
KELEMAHAN, DAN TANTANGAN.
a. Kekuatan.
1.
Secara geografis, letak Taman
Kanak-kanak Sirajul Huda sangat strategis.
2.
Sumber Daya Manusia terutama
guru, aktif, kreatif, dan inovatif.
3.
Sumber dana dari Pemerintah
memadai, dan dari masyarakat sangat mendukung.
4.
Sarana/prasarana memadai untuk
mendukung pengembangan sekolah.
5.
Kerja sama dengan Lembaga
Negeri/Swasta sangat mendukung.
b. Kelemahan.
1.
Gedung yang belum memadai dan
memerlukan penambahan ruang belajar.
2.
Mayoritas orang tua didik
berada dalam tingkat ekonomi menengah ke bawah.
3. Belum memiliki sarana/prasarana
yang memadai (meja, kursi, lemari, locker anak, belum mencukupi).
4.
Kamar kecil (toilet) belum
memadai.
5.
Halaman yang
belum memakai paving block membuat becek jika terjadi hujan deras.
6.
Pagar halaman sekolah belum
sempurna untuk menjamin keamanan peserta didik.
c. Tantangan.
1. Menjadikan anak didik yang
berprestasi gemilang dan siap melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya.
2. Menjadikan tenaga pendidik profesional
dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
3. Menjadikan Taman Kanak-kanak
Sirajul Huda sebagai percontohan di Kabupaten Bireuen.
4. Menjadikan Taman Kanak-kanak
Sirajul Huda sebagai tempat menimba ilmu yang berkelanjutan ke tingkat
pendidikan selanjutnya.
---