Profil ~ TK SIRAJUL HUDA

A.  SEJARAH SINGKAT TAMAN KANAK-KANAK SIRAJUL HUDA.
Taman Kanak-kanak Sirajul Huda berdiri pada tahun 2009. Didirikan oleh ibu Zuraini, S.Pd yang beralamat di Desa Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Modal dasar Berdirinya Taman Kanak-kanak Sirajul Huda hanyalah niat dan keikhlasan untuk meningkatkan pendidikan bagi anak-anak usia dini yang ada dalam desa Geulumpang Payong. Dukungan utama, Kami dapatkan dari Kepala UPTD Kecamatan Jeumpa Bapak Arifin. Baik dukungan moril maupun Spiritual. Jumlah murid pada tahun pertama berdiri sebanyak 40 orang dengan 5 orang pendidik, dengan fasilitas yang sangat kurang, ibu Zuraini bersama pendidik berusaha untuk mencerdaskan anak bangsa yang masih berusia dini itu. Tahun-tahun selanjutnya peserta didik di Taman Kanak-kanak Sirajul Huda semakin meningkat.
Alhamdulillah pada tahun 2010 TK Sirajul Huda mendapat kesempatan pembinaan oleh Pusat Kurikulum Jakarta, yang merupakan sekolah perwakilan dari Kabupaten Bireuen. Ibu Zuraini bersama pendidik berusaha melaksanakan program yang diberikan oleh tim Puskur yaitu mengimplementasi pendidikan karakter ke dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan TK Sirajul Huda. Alhamdulillah kurikulum Taman Kanak-kanak Sirajul Huda telah disahkan oleh Kadis Pendidikan dan telah banyak digunakan oleh Taman Kanak-kanak yang ada di kabupaten Bireuen.

B.  VISI, MISI, DAN TUJUAN TAMAN KANAK-KANAK SIRAJUL HUDA.
1.    Visi Sekolah.
Visi Taman Kanak-kanak Sirajul Huda adalah terwujudnya peserta didik yang beriman, bertaqwa kepada Allah, sehat, cerdas, kreatif, mandiri, ceria, sosial, berbudi luhur, dan berakhlak mulia.

2.    Misi TK Sirajul Huda.
a. Mengembangkan pendidikan Agama demi terwujudnya peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia.
b.  Mengembangkan Sikap Spiritual untuk mewujudkan peserta didik yang cerdas, mandiri, dan kreatif.
c.    Mengembangkan Sikap Sosial untuk membentuk perilaku berbudi luhur.
d.   Mengembangkan Sensomotor agar peserta didik sehat jasmani dan rohani.
e.    Menerapkan budaya salam, senyum, sapa, sopan, santun, disiplin dan jujur.
f.     Mengembangkan seni tari daerah melalui pengembangan seni.
g.    Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, nyaman dan menyenangkan.

3.    Tujuan TK Sirajul Huda.
Taman Kanak-Kanak Sirajul Huda bertujuan:
a.   Mewujudkan peserta didik yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang seimbang pada setiap aspek perkembangannya sebagai bekal mengikuti pendidikan lebih lanjut.
b.   Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia dan berbudi luhur.
c.  Menjadikan peserta didik yang Al-QurAni dan islami sejak dini sebagai bekal menjalani kehidupan di masa dewasanya.
d. Terwujudnya peserta didik yang sehat, ceria, jujur, senang belajar, mandiri, mampu merawat diri, serta peduli terhadap diri sendiri, teman, dan lingkungan sekitarnya.
e.  Menjadikan peserta didik yang mampu berpikir, berkomunikasi, bertindak produktif, dan kreatif melalui bahasa, seni, karya, dan gerakan sederhana.
f.    Menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan lingkungan sekolah yang kondusif.
g. Menjalin kerjasama lembaga pendidikan dengan masyarakat, Dinas terkait, dan media dalam mempublikasikan program sekolah.

C.  STATUS TAMAN KANAK-KANAK SIRAJUL HUDA.
Taman Kanak-kanak Sirajul Huda berstatus swasta, milik pribadi, terakreditasi dengan nilai A sejak Oktober 2019 sesuai dengan Keputusan BAN PAUD dan PNF Nomor 163/BAN PAUD DAN PNF/AKR/2019 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 23 Oktober 2019. Berdiri pada bulan Januari tahun 2009 dan mendapat izin operasional dari Dinas Pendidikan pada tanggal 14 April tahun 2010. Hingga saat ini, Taman Kanak-kanak Sirajul Huda masih aktif melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan jumlah peserta didik ±100 peserta didik setiap tahunnya.


D.  ANALISIS KEKUATAN, KELEMAHAN, DAN TANTANGAN.
a.    Kekuatan.
1.    Secara geografis, letak Taman Kanak-kanak Sirajul Huda sangat strategis.
2.    Sumber Daya Manusia terutama guru, aktif, kreatif, dan inovatif.
3.    Sumber dana dari Pemerintah memadai, dan dari masyarakat sangat mendukung.
4.    Sarana/prasarana memadai untuk mendukung pengembangan sekolah.
5.    Kerja sama dengan Lembaga Negeri/Swasta sangat mendukung.
b.   Kelemahan.
1.    Gedung yang belum memadai dan memerlukan penambahan ruang belajar.
2.    Mayoritas orang tua didik berada dalam tingkat ekonomi menengah ke bawah.
3. Belum memiliki sarana/prasarana yang memadai (meja, kursi, lemari, locker anak, belum mencukupi).
4.    Kamar kecil (toilet) belum memadai.
5.    Halaman yang belum memakai paving block membuat becek jika terjadi hujan deras.
6.    Pagar halaman sekolah belum sempurna untuk menjamin keamanan peserta didik.
c.    Tantangan.
1.  Menjadikan anak didik yang berprestasi gemilang dan siap melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya.
2. Menjadikan tenaga pendidik profesional dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
3.   Menjadikan Taman Kanak-kanak Sirajul Huda sebagai percontohan di Kabupaten Bireuen.
4. Menjadikan Taman Kanak-kanak Sirajul Huda sebagai tempat menimba ilmu yang berkelanjutan ke tingkat pendidikan selanjutnya.

---